berita

Coaching Clinic 2 Kerja Sama IRA & JRI

Depok. | Berkendara bukanlah sekedar membeli motor baru maupun bekas dan langsung bisa untuk mengendarainya. Bahkan jarang sekali atau bahkan belum pernah di temui suatu distributor kendaraan bermotor yang menyediakan layanan pengenalan dan pemberian materi cara berkendara yang baik dan aman kepada sang customer atau calon pembeli. Berkacamata akan hal ini, komunitas motor binaan Departemen Pemuda dan Olahraga (Deppora) PP Senkom Mitra Polri, Journey Riders Indonesia (JRI) berkesempatan untuk mengadakan event pembelajaran tata cara dan tehnik dasar berkendara roda dua dengan menjalin kerjasama dengan penggiat Indonesia Ride Adventure (IRA) dalam hal ini di wakili oleh Om Jack Maulana sebagai instruktur. Coaching Clinic (CC), demikianlah kami menyebutkan kegiatan belajar berkendara roda dua ini. CC JRI bersama IRA ini adalah kali kedua setelah sempat diselenggarakan sekitar 2 tahun lalu dilokasi yang berbeda. Coaching clinic kali kedua ini digelar di Sirkuit motocross Limo Depok Jawa Barat yang beralaskan tanah dengan berbagai hambatan (obstacles), track naik (uphill) dan track turun (down hill) yang cukup menantang adrenalin bagi yang peserta yang mengikutinya. Output yang diharapkan bagi para peserta yang telah mengikuti acara CC ini adalah meneruskan ilmu yang telah didapatkan lewat CC II JRI bersama IRA, ke seluruh penggiat JRI yang tersebar di seluruh nusantara. JRI sebagai salah satu komunitas motor yang menjunjung tinggi "Zero Accident" dan selalu mengkampanyekan "Ride safe ride smart", menilai bahwa dengan menanamkan dan mengajarkan betapa pentingnya pengetahuan dasar mengenai tata cara berkendara roda dua yang baik dan benar sesuai penggunaanya, maka akan menghasilkan rasa nyaman serta aman berkendara dijalan raya. Perlu di ketahui bahwasanya kendaraan bermotor adalah unsur penyumbang kecelakaan terbanyak dalam segi berlalu lintas dijalan raya. Ada beberapa faktor penyebab kecalakaan, di antaranya : 1. 70% faktor kelalaian pengendara . 2. 10% faktor kerusakan mesin. 3. 10% faktor pecahnya ban. 4. 10% faktor nasib (Qodr) dari Sang Pencipta, yang tentunya tidak dapat kita pungkiri. Dari 70% faktor kelalaian pengendara diantaranya adalah kurang sadar betapa pentingnya mengetahui dasar dasar dan teknik berkendara yang baik dan aman. Inilah salah satu alasan utama mengapa Journey Riders Indonesia (JRI) dibentuk ditahun 2006 yang lalu dengan mengedepakan edukasi berkendara bagi para penggiatnya. Program lebih lanjut, semoga rekan-rekan yang tergabung di komunitas motor Journey Riders Indonesia (JRI), bisa kembali mengadakan kegiatan coaching clinic (CC) dengan melibatkan instruktur di setiap wilayahnya masing-masing, sehingga bisa berbagi ilmu dan menanamkan perilaku berkendara yang baik dan aman di jalan raya sehingga dapat membantu mengurangi angka kecelakaan dalam bentuk apapun bahkan hingga "Zero accident". Dalam kesempatan coaching clinic ini juga, hampir semua peserta CC juga merasakan tunggangan Cross X 200 GT dan Cross X 250 SE: "Cross X 200 GT Specification". RANGKA (Body): Panjang X Lebar X Tinggi 2030 x 920 x 1360 mm Jarak Sumbu 1330 mm Jarak Terendah Ke Tanah 200 mm Tipe Suspensi Depan Upside Down Tipe Suspensi Belakang Monoshock Unitrack System Rem Depan Disc Brake, Disc Plate uk. 270 mm Rem Belakang Disc Brake, Disc Plate uk. 220 mm Ukuran Ban Depan 80/100-21 Ukuran Ban Belakang 100/100-18 Kapasitas Tangki Bahan Bakar 5.5 Liter Berat Kosong 117 kg Tinggi Tempat Duduk 890 mm MESIN (Engine): Tipe Mesin 4 Langkah, SOHC Diameter X Langkah 65.5 x 59 mm Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1.0 Liter pada penggantian periodik Kopling Manual, Multiplate Wet Clutch Gigi Transmisi 5 Kecepatan Stater Electric starter & kick stater Sistem Pengapian CDI - DC Volume Langkah 200 cc Pola Pengoperan Gigi 1-N-2-3-4-5 Accu 12V - 5 Ah Daya Maksimal 10KW / 7500rpm Torsi Maksimal 13.5N.m / 7000rpm "Cross X 200 SE Specification". RANGKA (Body): Panjang X Lebar X Tinggi 2120 x 810 x 1250 mm Jarak Sumbu 1440 mm Jarak Terendah Ke Tanah 320 mm Tipe Suspensi Depan Upside Down Tipe Suspensi Belakang Monoshock Unitrack System Rem Depan Disc Brake, Disc Plate uk. 240 mm Rem Belakang Disc Brake, Disc Plate uk. 240 mm Ukuran Ban Depan 80/100-21 Ukuran Ban Belakang 100/100-18 Kapasitas Tangki Bahan Bakar 6.7 Liter Berat Kosong 126 kg Tinggi Tempat Duduk 920 mm MESIN (Engine): Tipe Mesin 4 Langkah, SOHC Diameter X Langkah 77 x 53.6 mm Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0.95 Liter pada penggantian periodik Kopling Manual, Multiplate Wet Clutch Gigi Transmisi 6 Kecepatan Stater Electric starter & kick stater Sistem Pengapian CDI - DC Volume Langkah 249.6 cc Pola Pengoperan Gigi 1-N-2-3-4-5-6 Accu 12V - 8 Ah Daya Maksimal 19KW / 9000rpm Torsi Maksimal 23N.m / 7000rpm Yuk kita kenalan dengan para peserta Coaching Clinic (CC) II JRI bersama IR-ADV serta Test ride bareng Viar sebagai berikut: 1. Victor Julianto (Deppora PP Senkom) 2. Adib Ihsanudin (perwakilan JRI Jakarta) 3. Dwi (perwakilan JRI Tangerang) 4. Rian (perwakilan JRI Bogor) 5. Hafidz (perwakilan JRI Bogor) 6. Kenji ( perwakilan JRI Bekasi ) 7. Reza( perwakilan JRI Karawang ) 8. Ade sugiono ( perwakilan JRI Karawang) 9. Beni (perwakilan JRI Karawang ) 10. Hasan ( perwakilan JRI Jakarta) 11. Ukwa tri islami (perwakilan JRI Jakarta) 12. Imam arifin (perwakilan JRI Jakarta) 13. Fatkur (tamu JRI Solo) 14. Om Ramon (perwakilan JRI Bogor).Depora PP Senkom.

About SENKOM KLATEN

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.